KAMI BERALIH KE yayasanalhasanah.info 081387561152
Senin, 15 Juli 2013

Rutinitas yang di alami oleh sebagian besar orang-orang kota yaitu pergi bekerja(kantor) pulang dan tidur, yah mungkin tidak semua orang seperti itu. Tapi itulah yang selama ini saya dan rekan laksanakan, hanya bisa berlibur sekedar jalan di hari minngu, seperti saat ini. Ada yang pulang ke kampung halaman, ada juga yang berdiam diri di kosan.
Pepatah bilang Waktu itu adalah Uang, Time is Money, pergunakan waktu sebaik-baiknya harus bisa atur waktu supaya waktu itu bermanfaat...hanya bisa memberi pesan ke rekan-rekan saya,saya sendiri
Waktu menghilangkan kecerian dengan mereka
masih perlu belajar untuk mengatur waktu.

Tidak dipungkiri Pada dasarnya manusia adalah mahluk yang sangat unik dan tetap tampil ingin unik, menurut Abraham Maslow yang saya salin dari bukunya pak Ir.H.Moko P.Astamoen, sejalan dengan status ekonomi dan status sosialnya, kebutuhan manusi kebutuhan manusia akan meningkat dari kebutuhan dasar sampai dengan "self esteem"
Manusia pada dasarnya hanya memiliki 4 unsur pada penciptaannya, yang keempat itu saling mendukung yaitu Amarah (air), Alwamah (Api), Sufiyah (angin), dan Mutmainah (tanah)marsaja.wordpress.com.
Sifat Air yaitu amarah, kadang kita mengatakan hidup ibarat air mengalir, air mengalir biasanya dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah dan akhrnya sampai kelaut, tapi hidup yang seperti itu hanya sia-sia saja, bagaimana supaya air itu bisa mamfaat? untuk itu kita bisa membuat saluran atau pipa2 yang berfungsi mengalikan air untuk kelayakan manusia,dengan cara membuat irigasi kepesawahan atau ladang, pipa untuk saluran kerumah yang dapat digunakan oleh kita, air kalo kita tidak membendung maka air itu akan tumpah dan meleber kemana2 dan akan menyebabkan banjir yang melanda seperti skarang ini, karena fungsu dari pembendung dan penahan airnya tidak ada.Kita akan tahan klo kita tidak makan tapi kita tidak tahan klo kita tidak minum,. Amarah seringkali tidak kita kontrol, dia mengalir bebas kemana aja sehingga hati kita terpengaruhi oleh amarah2 yang bersifat negatif..kalo amarah tidak di menej dengan baik maka akan berdampak buruk bagi kita sendiri, keluarga,sahabat yang kita cintai. Untuk itu mari kita menej amarah kita mulai dari detik ini.
Sifat api (al wamah), pribahasa bilang kecil jadi mainan besar jadi lawan, itu lah api. Api bisa menghanguskan semua benda yang dia lahap. Itu kalo kita tidak bisa memanfaatkannya maka akan membawa musibah bagi kita, tapi seandainya kita bisa memanfaatkannya maka Api sangat bermanfaat bagi kehidupan kita contohnya untuk memasak. Sifat api pada dirikita yaitu merupakan lambang dari
sifat serakah, iri dan dengki, selalu ingin menang, sifat yang kecenderungannya untuk mempunyai segala sesuatu baik materi, jabatan, pengaruh, kekuasaan, tanpa ada batasnya. Kita akan senantiasa diperbudak oleh keserakahan duniawi belaka kalau kita tidak pandai memenej sifat tersebut. Ingat sebagian harta yang kita peroleh itu tidak semuanya harta itu milik kita, tapi ada sebagian yang hak dari harta kita yaitu Mustahik Zakat. Suadah kah harta kita di Zakatkan atau di sedekahkan?. Zakat dan sedekah akan menyucikan harta kita.sehingga kita terhindar dari sifat yang serakah, Naudzubillah.
Angin adalah sifat yang ketiga bersifat, angin bisa menghembuskan udara segar menyemangati jiwa jiwa yang lelah, sehingga dapat menyegarkan kembali,tapi ada juga angin yang bersifat menghancurkan seperti angin topan, puting beliung.Sifat Sufiyah atau Honesty adalah sifat yang melambangkan kejujuran (al Amin). dalam kehidupan sehari-hari kejujuran itu sangat penting, kejujuran saat ini mahal sekali harganya. Sulit sekali menemukan orang yang jujur, dari mulai pengemis sampai pejabat jarang ada yang jujur. Saya pernah baca di salah satu website, ada pengemis yang mempunya rumah dan mobil mewah dari usaha mengemis, subhanallah. kejujuran itu sangat penting di tanamkan didirikita(sama seperti gw hehe). Ketidak jujuran akan berdamapk menjadi suatu masalah yang sangat besar di kehidupan kita.Suami berbohong ke istri atau sebaliknya maka yang terjadi adalah perceraian, padahal Allah menharamkan orang yang bercerai berai.
Tanah adalah sifat yang keempat, tanah dapat kita manfaat kan untuk bercocok tanam dan lain sebagainya. Gambaran Mutmainah yaitu bersifat nerima apa adanya, dan selalu bersyukur apa yang di berikan Allah kepada kita.sudahkah hari ini kita bersyukur? nikmat yang paling indah yaitu ketika kita terbangun dari tidur, karena kita masih dipercaya diberikan waktu untuk menjalani hari inji lagi. semoga kita semua menjadi pribadi yang pandai bersyukur. Aminn. Thk to

Dengan mempertimbangkan faktor manusia diatas maka seorang manusia dapat mengembangkan dan mempergunakan waktunya sebaik mungkin untuk menentukan jalan hidupnya, tentunya yang bersifat positif.

0 komentar:

Posting Komentar