KAMI BERALIH KE yayasanalhasanah.info 081387561152
Kamis, 25 Juli 2013

Salah satu kebiasaan buruh yang menjamur di kalangan umat islam ketika bulan Ramadhan adalah, tidur setelah makan Sahur, Apakah kerugian ketika kita tidur setelah Sahur?
1. Biasanya kita nikmat sekali tidur setelah Sahur sehingga suka samapai kebablasan sampai lupa Sholat Subuh, dan akan kehilangan barakah di waktu Pagi hari, Rasulullah SAW bersabda " Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi hari mereka." jadi ketika kita terbangun kita sudah di do'akan oleh baginda Nabi Muhammad SAW, dan kita termasuk orang yang Agung.
 ketika kita tidur setelah sahur sampai terlewat waktu subuh bahkan sampai meninggalkan salat subuh maka kita termasuk orang yang merugi.
2, Menyelesihi kebiasaan para salaf yang di contohkan Nabi SAW dan para shabatnya adalah mereka senantiasa melaksanakan shalat subuh dan mereka duduk di mesjid hingga matahari terbit.
3. Membuat malas dan melemahkan badan Ibnul Qayyim rahimahulullah mengatakan "banyak tidur mengakibatkan lalai dan malas-malsan, banyak tidur dilarang karena akan menimbulkan bahaya untuk badan kita. Tidur pagi tidak bermanfaat terutama bagi kesehatan kita, orang yang sering tidur pagi maka akan menyebabkan syahwatnya melemah.
4. Pagi adalah waktu di bagikannya rizki  menurut para Salaf, tidur yang dilarang adalah tidur setelah salat subuh sampai matahari terbit. karena waktu tersebut adalah waktu untuk menuai pahala yang berlipat (ghonimah). apabila mereka melakukan perjalanan semalam suntuk dan mereka tidak mau tidur diwaktu tersebut hingga terbit matahari9Madarijus Salikin, 1/459. maktabah Syamilah)

Jadi isilah setelah Sahur dengan amalan-amalan yang positif, bisa tadarus Qur'an, atau bisa juga ke Mesjid sambil menanti Salat subuh kita berserah diri pada Allah, dan ketika setelah subuh isi dengan mendengarkan Tauzih dari kuliah Subuh.

0 komentar:

Posting Komentar